WNA AS Orient Riwu Kore Menang Pilkada, Mardani Ali Sera: Bahaya Ada Kepentingan Lain, Wajar Publik Curiga

Politisi PKS, Mardani Ali Sera mempertanyakan ketegasan Kemenkumham terkait dengan kejelasan status warga negara Orient Riwu Kore yang menang Pilkada.* /dok PKS.

Politisi PKS, Mardani Ali Sera mempertanyakan ketegasan Kemenkumham terkait dengan kejelasan status warga negara Orient Riwu Kore yang menang Pilkada.* /dok PKS.

PR TASIKMALAYA – Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mempertanyakan ketegasan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) terkait dengan kejelasan status warga negara dari Orient Riwu Kore.

Hal tersebut diungkapkan Mardani Ali Sera melalui cuitan akun Twitter @MardaniAliSera pada Rabu, 24 Februari 2021, seperti yang dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com.

“Ada apa dengan @Kemenkumham_RI? Kenapa belum juga ada keputusan status warga negara Orient,” tutur Mardani Ali Sera.

Baca Juga: Terkait Calon Bupati WNA, Ini Langkah Bawaslu

Mardani Ali Sera mempertanyakan hal tersebut, mengingat pihak Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa Orient Riwu Kore merupakan Warga Negara AS.

“Kedubes AS pun sudah menyatakan yang bersangkutan Warga Negara Amerika, seharusnya tidak perlu berlama-lama lagi karena sudah hilang kewarganegaraannya,” jelas Mardani Ali Sera.

Mardani Ali Sera mengkhawatirkan, ke depannya ada loyalitas ganda mengingat ada warga negara asing namun memiliki jabatan publik di Indonesia.

Baca Juga: Enam Opsi Untuk Atasi Persoalan Bupati Sabu Raijua Terpilih

“Khawatir ada loyalitas ke depannya, pejabat publik di Indonesia tapi juga Warga Negara Amerika,” ujar Mardani Ali Sera.

Mardani Ali Sera berpendapat, wajar jika publik menaruh curiga atas polemic tersebut. Pasalnya, pemerintah terkesan saling melempar tanggung jawab antara Kemendagri dan Kemenkumham.

“Wajar publik menaruh curiga, karena pemerintah terkesan saling lempar tanggung jawab. Ketika itu menunggu @Kemendagri_RI, sekarang Kemenkumham,” tutur Mardani Ali Sera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *