Puluhan Ribu Penyelenggara Pilkada Se-Kalteng Akan Di-Rafid Tes

Palangka Raya, KaltengEkspres.com  – Menjelang pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng dan Pemilihan Bupati/wakil Bupati Kotim yang akan dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah dan KPU Kabupaten/Kota segera melakukan rafid test terhadap ribuan penyelenggara pemilu mulai PPK, PPS, Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Linmas TPS.

Komisioner KPU Kalteng Eko Wahyu Sulistyo, Sabtu (7/11/2020) mengatakan, rapid test terhadap penyelenggara pemilu yang diperkirakan mencapai 63.426 orang itu dijadwalkan dilaksanakan tanggal 26 November – 5 Desember 2020.

“Tes cepat dilakukan kepada 63.426 penyelengara Pilkada untuk memastikan kesehatan mereka sebelum menjalankan tugasnya saat Pilkada mulai di  TPS dan selama perhitungan suara,” kata Eko Wahyu.

Ditegaskannya, tak hanya anggota PPP, PPS, Anggota KPPS dan dua orang Linmas yang wajib melakukan tes cepat, para saksi pasangan calon peserta pemilu juga wajib mengantongi surat tes cepat.

Tujuannya agar orang-orang yang bertugas di dalam TPS, semuanya sehat dan masyarakat yang hendak mencoblos, terhindar dari penyebaran COVID-19.

“Bagi anggota KPPS yang reaktif, maka akan segera diganti sesuai aturan yang berlaku di tengah pandemi COVID-19 seperti ini,” jelasnya.

Agar tidak menimbulkan kluster baru di TPS, KPU Kalteng juga menyediakan pulpen untuk masyarakat yang hendak mencoblos, sehingga mereka tidak bergantian memegang alat pencoblosan surat suara nantinya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyediakan sejumlah alat pelindung diri kepada petugas KPPS dan tempat cuci tangan, sarung tangan, cairan pembersih tangan, serta masker guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Selain itu kami juga akan menyemprot lokasi TPS dengan cairan desinfektan setiap beberapa jam,” ungkapnya.

Pihaknya berharap pesta demokrasi yang dilaksanakan lima tahun sekali itu berjalan lancar, aman dan damai sehingga daerah mendapatkan pemimpin sesuai pilihan rakyat.

“Kami berharap pilkada tahun ini berjalan lancar dan sukses tanpa adanya hambatan,” ujar Eko.

Ditambahkan, dalam surat pemberitahuan memilih (C-6) nantinya juga disampaikan agar pemilih mematuhi protokol kesehatan (3 M) seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki TPS dan menjaga jarak selama berada di TPS.

Kaltengekspres.com/ adm/ hs.

Artikel ini telah tayang dilaman Kaltengekspres.com pada tanggal 9 November 2020 dengan judul “Puluhan Ribu Penyelenggara Pilkada Se-Kalteng Akan Di-Rafid Tes”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *