Pilkada Halmahera Utara: Saksi Paslon JOS yang Dihadirkan di MK Robek Blanko C-1

Komisioner KPU Halmahera Utara, Sefriando Bitakono. Foto: Samsul Hi Laijou/cermat

Komisioner KPU Halmahera Utara, Sefriando Bitakono. Foto: Samsul Hi Laijou/cermat

Saksi pasangan calon kepala daerah Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, Joel B. Wogono-Said Bajak (JOS), merobek blanko form C-1 di tempat pemungutan suara (TPS) 01 Desa Supu Kecamatan Loloda Utara.

Akibatnya, penghitungan suara di TPS tersebut terpaksa dialihkan ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Halut.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Halmahera Utara, Sefriando Bitakono, kepada cermat membenarkan adanya saksi paslon yang dengan sengaja merobek blanko C-1 saat dilakukan perhitungan surat suara usai pemungutan suara ulang, Rabu (28/4).

“Yang robek itu saksi yang dihadirkan di MK, saksi dari Paslon JOS,” jelas Sefriando di Kantor KPU Halut, Kamis (29/4).

Sefriando memaparkan, kronologisnya di dalam TPS dirinya memastikan tidak ada masalah. Namun tiba-tiba ada tim paslon masuk ke dalam ruangan dan langsung merobek-robek blanko C-1.

“Tiba-tiba ada tim yang masuk. Upaya pertama itu dihadang oleh pihak keamanan, sehingga upayanya gagal. Tetapi yang kedua kalinya itu tidak dihadang lagi, makanya langsung masuk ke ruangan,” jelasnya.

Saat blanko C-1 dirobek-robek, perhitungan surat suara sedang berlangsung. Hanya saja Sefriando mengaku belum bisa memastikan sudah berapa suara yang terhitung.

“Saya belum tahu pasti sudah berapa dihitung, karena yang hitung itu dari PPK. Saya hanya memastikan aspek keamanan, ternyata tidak aman,” akunya.

Melihat situasi tidak aman, Sefriando langsung memerintahkan perhitungan suara di-take over. Hari ini KPU mengagendakan untuk perhitungan lanjutan.

“Untuk saksi yang merobek blangko C-1, kami berlima komisioner KPU akan rapat pleno. Kami akan dorong ke ranah hukum atau tidak, tergantung hasil pleno,” pungkasnya.

Sementara itu, hasil perhitungan suara di lima TPS lain menunjukkan paslon petahana Frans Manery-Muchlis Tapi Tapi (FM-MANTAP) unggul dibandingkan pesaingnya, JOS. (Samsul Hi Laijou)


Kumparan.com/ Tim Cermat/ Ika Fuji Rahayu.

Artikel ini telah tayang dilaman Kumparan.com pada tanggal 29 April 2021 dengan judul “Pilkada Halmahera Utara: Saksi Paslon JOS yang Dihadirkan di MK Robek Blanko C-1”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *