Pilkada 2020 Masuk Masa Tenang, KPU Optimis Logistik-TPS Siap Tepat Waktu

KPU RI (Foto: Andhika Prasetia)
KPU RI (Foto: Andhika Prasetia)
Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut Pilkada 2020 memasuki masa tenang hari ini. KPU optimis logistik mulai dari surat suara, APD, hingga TPS akan siap sehari sebelum pemungutan suara.

“Mulai tanggal 6 sampai dengan 8 Desember 2020 adalah masa tenang. Sedangkan pemungutan dan penghitungan suara jatuh pada hari Rabu 9 Desember 2020,” kata Komisioner KPU, I Dewa Raka Sandi, saat dihubungi, Sabtu (5/12/2020).

Raka menyebut saat ini pihak KPU masih melakukan proses persiapan logistik KPU. Dia optimis KPU akan selesaikan logistik satu hari sebelum pemungutan suara berlangsung.

“Untuk logistik terus dipersiapkan. Saat ini masih dalam proses, sesuai ketentuan sehari sebelum pemungutan suara agar sudah sampai di TPS,” ucapnya.

Raka belum bisa memastikan persentase kesiapan logistik KPU saat ini. Hal itu karena Pilkada 2020 di tengah masa pandemi ini dinilai berbeda dengan Pilkada sebelumnya.

“Secara persentase saya belum membawa data pastinya. Karena jenis logistik juga banyak termasuk APD. Jadi tentu lebih kompleks dari pemilihan sebelumnya, selain logistik, penyiapan TPS juga sangat penting,” ujar Raka.

Simak pesan Mahfud Md jelang Pilkada 2020.

Sebelumnya diberitakan, masa kampanye pasangan calon (Paslon) di Pilkada serentak 2020 telah berakhir Minggu kemarin. Menko Polhukam Mahfud Md meminta agar semua pihak tetap menjaga suasana dan tidak membuat kegaduhan di masa tenang.

“Alhamdulillah hari ini Sabtu 5 Desember, kita sudah mengakhiri masa kampanye dan mulai memasuki masa tenang Pilkada serentak. Isilah hari-hari tenang itu, dengan betul-betul membuat ketenangan, tidak membuat kegaduhan. Persiapkan hari pencoblosan atau pemungutan suara 9 Desember dengan sebaik-baiknya, baik itu penyelenggara, kontestan maupun masyarakatnya,” kata Mahfud melalui keterangan tertulis, Sabtu (5/12/2020).

Mahfud ingin agar masyarakat benar-benar memanfaatkan hak pilihnya di Pilkada serentak ini. Sebab kata Mahfud, satu suara bisa menentukan nasib orang banyak untuk lima tahun ke depan.

“Untuk masyarakat, untuk rakyat, silakan berikan suara anda sebanyak-banyaknya karena satu suara anda akan menentukan masa depan anda, sekurang-kurangnya menentukan nasib anda di bawah kepemimpinan selama 5 tahun ke depan,” ujarnya.

Mahfud meminta masyarakat datang ke tempat pemungutan suara (TPS) sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan oleh panitia. Tak lupa, Mahfud mengingatkan agar protokol kesehatan juga diterapkan.

“Tolong di hari H, tanggal 9 itu, datang berbondong-bondong ke TPS, sesuai dengan jam, jadwal yang sudah ditentukan oleh KPU dan ikuti protokol kesehatan yang ditentukan oleh KPU,” ucapnya

Detik.com/ Matius Alfons/ maa/ lir.

Artikel ini telah tayang dilaman Detik.com pada tanggal 6 Desember 2020 dengan judul “Pilkada 2020 Masuk Masa Tenang, KPU Optimis Logistik-TPS Siap Tepat Waktu”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *