Pilgub Kalsel 2020, Pengawas TPS di Tapin Wajib Kuasai Gadget Berbasis Android

Thessa Aji Budiono, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan.
Thessa Aji Budiono, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan.

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU – Jajaran pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan, bakal dilengkapi gadget berbasis android.

Hal itu upaya antisipasi, jika pelaksana penyelengara Pilgub Kalsel 2020 yang menerapkan aplikasi SI REKAP saat pemungutan dan penghitungan surat suara di TPS.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tapin, Thessa Aji Budiono, mengaku menghadiri sosialisasi rencana penerapan aplikasi SI REKAP di KPU Tapin.

Lelaki yang akrab disapa Aji ini, mengatakan, sudah meminta jajaran pengawas di kecamatan seKabupaten Tapin untuk mengutamakan pendaftar Pengawas TPS yang memiliki ponsel berbasis android dan mampu mengoperasionalkannya.

Menurut Aji, upaya antisipasi itu jika Peraturan KPU tentang pemungutan dan penghitungan suara pada Pilkada  Kalsel 2020 menggunakan aplikasi SI REKAP.

“PKPU dan Simulasi SI REKAP ini belum diterbitkan oleh KPU Pusat. Cuma, jauh hari kami mendengar wacana itu dan kami menyiapkan jajaran di pengawas TPS,” katanya kepada Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (7/11/2020).

Aji menduga aplikasi SI REKAP itu untuk memudahkan rekapitulasi penghitungan surat suara di tingkat TPS saja.

“Pengawas TPS tetap mengawasi tahapan pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan surat suara di TPS selama berlangsung,” pungkasnya.

Tribunnews.com/ Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid/ Alpri Widianjono.

Artikel ini telah tayang dilaman banjarmasinpost.co.id pada tanggal 7 November 2020 dengan judul “Pilgub Kalsel 2020, Pengawas TPS di Tapin Wajib Kuasai Gadget Berbasis Android”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *