Pilgub Kalsel 2020, Bawaslu Tunggu Kehadiran Paman Birin Terkait Dugaan Pelanggaran Pilkada

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Calon Gubernur Kalimantan Selatan Nomor Urut 1, H Sahbirin Noor, belum hadir memenuhi undangan kedua klarifikasi Bawaslu, Senin (2/11/2020) hingga kurang lebih pukul 16.00 Wita.

Diketahui, H Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin ini diundang Bawaslu Kalsel untuk memberikan kalrifikasi terkait laporan menyangkut dugaan pelanggaran Undang-Undang Pilkada.

Komisioner Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan, ketika ditemui di kantornya, Jalan RE Martadhinata, Kota Banjarmasin, saat sore tersebut menyatakan belum menerima konfirmasi kepastian apakah Paman Birin akan hadir langsung memberikan klarifikasi. 

“Sampai saat ini belum ada konfirmasi dari Tim Pamab Birin atau kuasa hukumnya. Kami masih menunggu juga,” kata Iwan. 

Meski demikian, pihaknya masih akan menunggu kehadiran Paman Birin saat Senin hingga pukul 24.00 Wita.

“Per hari ini ditunggu sampai jam 12 malam. Mudah-mudahan bisa memenuhi undangan kami yang kedua,” ungkap Iwan.

Undangan kedua yang sudah dikirim Minggu (1/11/2020), kata Iwan, juga merupakan undangan terakhir yang dikirimkan Bawaslu Kalsel.

Ini dalam upaya menggali klarifikasi dari pihak-pihak terkait sesuai laporan yang diterima pihaknya dalam tahapan Pilgub Kalsel 2020 tersebut. 

Karena sebelumnya, pada undangan yang pertama dijadwalkan pada Minggu (1/11/2020), Paman Birin belum bisa datang. 

Namun, tim kuasa hukum Paman Birin sudah menyampaikan alasan tak bisa hadirnya dan sekaligus menyampaikan klarifikasi tertulis. 

Jika pun calon gubernur dalam Pilkada Kalsel 2020 ini tak juga hadir, kata Iwan, maka pihaknya bersama unsur lainnya di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), yaitu Kepolisian dan Kejaksaan, akan melakukan diskusi dalam hal proses tindaklanjut atas laporan yang diterima pihaknya. 

“Nanti ada kebijakan dalam prosedur penanganan pelanggaran akan diteruskan atau bagaimana ada kebijakannya. Karena kemarin tim kuasa hukum juga sudah datang menyampaikan dokumen klarifikasi tertulis. Itu nanti diambil sikapnya oleh Gakkumdu. Akan didiskusikan,” kata Iwan.

Tribunnews.comBanjarmasinpost.co.id/ Achmad Maudhody/ Alpri Widianjono.

Artikel ini telah tayang dilaman banjarmasinpost.co.id pada tanggal 2 November 2020 dengan judul “Pilgub Kalsel 2020, Bawaslu Tunggu Kehadiran Paman Birin Terkait Dugaan Pelanggaran Pilkada”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *