Perekaman e-KTP Warga Masuk DPT Pilkada Diprioritaskan

Warga melakukan perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di Kantor Lurah Pasar Baru, Jakarta, Senin (2/11/2020). Dinas Dukcapil DKI Jakarta kembali melakukan pelayanan secara tatap muka saat dimulainya pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi dengan menerapkan protokol kesehatan pada warga secara prioritas yang terkendala mengakses layanan secara daring dalam mengurus administrasi kependudukan. ANTARAFOTO/M Risyal Hidayat

Layanan khusus tersebut berlaku sampai hari pencoblosan

BANDARLAMPUNG – Pemerintah Kota Bandarlampung berupaya untuk percepatan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) kepada warga yang terdata dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada pilkada serentak 2020.

“Hasil kesepakatan dengan KPU Bandarlampung, kita memberikan layanan khusus kepada warga yang masuk ke dalam DPT tapi belum memiliki e-KTP agar segera dapat memilikinya saat pencoblosan,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandarlampung, A. Zainuddin, Kamis.

Dilansir dari Antara, dia mengungkapkan bahwa warga yang ingin mendapatkan layanan khusus ini tentunya harus membawa persyaratan atau surat rekomendasi dari panitia pemilihan kecamatan (PPK) atau panitia pemungutan suara (PPS).

“Untuk layanan khusus bagi DPT ini kami sudah buka sejak Senin (16/11) dari pukul 10.30 WIB sampai 15.30 WIB,” kata dia.

Dia menjelaskan, kelebihan dari pelayanan khusus bagi DPT ini yakni warga yang terdaftar tapi belum memiliki e-KTP dapat langsung datang ke Disdukcapil dengan membawa surat rekomendasi dari PPK atau PPS. Sementara secara umum, biasanya masyarakat harus mendaftar terlebih dahulu di website.

Layanan khusus tersebut akan dibuka hingga 9 Desember 2020, guna mendukung terselenggaranya pilkada di Bandarlampung dengan baik.

“Kita buka sampai hari pencoblosan, namun di tanggal 9 Desember itu kami hanya melayani pencetakan hingga pukul 11.30 WIB saja.

Sebelumnya, KPU Bandarlampung mencatat bahwa pemilih yang tidak memiliki e-KTP sebanyak 5.682. Atas hal itu, pihak KPU meminta kepada Disdukcapil untuk memfasilitasi warga yang telah mendapatkan rekomendasi dari PPK dan PPS, sebab pada pencoblosan nanti masyarakat wajib membawa e-KTP.

Pada Pilkada 9 Desember 2020 di Kota Bandarlampung akan diikuti oleh tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. Nomor urut 01 Rycko Menoza-Johan Sulaiman (Rycko-Jos), diusung PKS dan Golkar.

Kemudian pasangan calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut 02 Yusuf Kohar-Tulus Purnomo (Yutuber), diusung Partai Demokrat, PAN, PKB, Perindo dan PPP. Terakhir pasangan calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut 03 Eva Dwiana-Deddy Amarullah diusung PDIP, Gerindra, dan NasDem. 

Validnews.id/ Satrio Wicaksono.

Artikel ini telah tayang dilaman Validnews.id pada tanggal 19 November 2020 dengan judul “Perekaman e-KTP Warga Masuk DPT Pilkada Diprioritaskan”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *