Pengamat: Paslon Terpilih Pilkada Sabu Raijua Harus Dibatalkan, yang Dilantik Tergantung Bawaslu

Orient P Riwu Kore (kiri) yang menjadi Bupati terpilih Sabu Raijua Nusa Tenggara Timur diduga masih menjadi warga negara Amerika Serikat (Sumber: akun Facebook Orientriwukore) Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pengamat: Paslon Terpilih Pilkada Sabu Raijua Harus Dibatalkan, yang Dilantik Tergantung Bawaslu , https://www.tribunnews.com/nasional/2021/02/03/pengamat-paslon-terpilih-pilkada-sabu-raijua-harus-dibatalkan-yang-dilantik-tergantung-bawaslu. Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya Editor: Theresia Felisiani

Orient P Riwu Kore (kiri) yang menjadi Bupati terpilih Sabu Raijua Nusa Tenggara Timur diduga masih menjadi warga negara Amerika Serikat (Sumber: akun Facebook Orientriwukore)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Andi Syafrani mengatakan pasangan calon terpilih Pilkada Sabu Raijua 2020 di NTT harus dibatalkan, baik dari bupati terpilih maupun wakil bupati terpilih. 

Diketahui, Bupati terpilih Sabu Raijua yakni Orient P Riwu Kore berstatus warga negara Amerika Serikat (AS). 

“Yang dibatalkan adalah paslon, karena subjek hukum dalam Pemilu adalah pasangan dan bukannya perorangan. Jadi KPU harus membatalkan SK penetapan Paslon dan perolehan suaranya,” ujar Andi, ketika dihubungi Tribunnews.com, Rabu (3/2/2021). 

Sementara untuk pengganti yang akan dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua, Andi menilai hal tersebut bergantung pada rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). 

“Untuk siapa yang dilantik ini masih jadi persoalan hukum. Tergantung rekomendasi Bawaslu,” jelasnya. 

Andi beralasan bahwa kasus kewarganegaraan dari Orient P Riwu Kore ini menyangkut syarat pencalonan dalam Pilkada.

Baca Juga

Oleh karena itu, seharusnya sejak awal calon tersebut tidak ikut Pilkada dan dilakukan pemungutan suara ulang kembali di Sabu Raijua. 

“Jika tidak ikut sejak awal, maka harusnya hasil Pilkada juga akan berubah. Karena itu semestinya dilakukan pemungutan suara ulang untuk calon selain yang bersangkutan,” tandasnya. 

Tribunnews.com/ Vincentius Jyestha Candraditya/ Theresia Felisiani

Artikel ini telah tayang dilaman Tribunnews.com pada tanggal 3 Februari 2021 dengan judul “Pengamat: Paslon Terpilih Pilkada Sabu Raijua Harus Dibatalkan, yang Dilantik Tergantung Bawaslu”.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *