Patuhi Putusan MK, KPU Sumut Siap Gelar PSU Pilkada di 3 Kabupaten

Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) siap menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pilkada tiga kabupaten di Sumatera Utara (Sumut) sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (22/3/2021). Ketiga kabupaten yang menggelar PSU yakni Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, dan Mandailing Natal. 

Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin mengatakan saat ini pihaknya sudah berkoordinasi terkait dengan pelaksanaan PSU dengan KPU RI. Namun demikian, KPU Sumut belum menerima terkait data keseluruhan TPS yang akan menggelar PSU. 

“Kami bersama dengan KPU ketiga kabupaten yang menggelar PSU kordinasi dengan KPU RI,” kata Herdensi, Rabu (24/3/2021). 

Herdensi mengatakan koordinasi yang dilakukan untuk mengecek kesiapan logistik serta penentuan jadwal pelaksaan PSU sebagaimana perintah dari MK. Namun demikan, Herdensi tidak mengatakan kapan PSU tersebut akan digelar. 

“Penetapan pelaksanaan dalam waktu dekat. Kami terus konsultasi‎ dengan KPU pusat,” tuturnya.

Herdensi juga mengatakan pihaknya masih mempelajari putusan MK terkait pelaksanaan PSU di tiga kabupaten tersebut. Pasalnya, dalam putusannya MK memerintahkan untuk mengganti petugas KPPS, PPS, dan PPK dalam pelaksanaan PSU. 

“Kami pelajari keseluruhan putusan MK untuk kita laksanakan dengan baik,” ucapnya. 

Diketahui, MK memutuskan pelaksanaan PSU di 16 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Labuhanbatu Selatan (Labusel), sembilan TPS di Labuhanbatu, dan tiga TPS di Mandailing Natal. Putusan MK tersebut dibacakan dalam perkara perselisihan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati di tiga daerah tersebut, Senin (22/3/2021). 


iNews.id/ Stepanus Purba.

Artikel ini telah tayang dilaman iNews.id pada tanggal 24 Maret 2021 dengan judul ” Patuhi Putusan MK, KPU Sumut Siap Gelar PSU Pilkada di 3 Kabupaten “.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *