Ma’ruf Amin Tak Akan Kampanyekan Putrinya di Pilkada Tangsel

Jakarta, CNN Indonesia — Wakil Presiden Ma’ruf Amin tidak akan membantu mengampanyekan putrinya, yakni Siti Nur Azizah yang menjadi calon wali kota Tangerang Selatan diPilkada 2020. Hal itu disampaikan juru bicara wakil presiden, Masduki Baidlowi.

readyviewed KPU sendiri sudah membuka tahapan kampanye Pilkada 2020 sejak Sabtu (26/9) lalu hingga Sabtu (5/12) mendatang selama 71 hari.

“Enggak akan ikut [bantu kampanye],” kata Juru bicara wapres, Masduki Baidlowi kepada CNNIndonesia.com, Selasa (29/9).

Masduki mengatakan bahwa Ma’ruf sebagai wakil presiden RI wajib mengambil sikap netral dalam Pilkada tahun 2020 meski putrinya maju menjadi calon wali kota Tangsel.

Ma’ruf, kata dia, tak bisa ikut campur dan berpihak terhadap kepentingan politik kandidat manapun dalam Pilkada 2020.

“Ma’ruf enggak bisa ikut-ikutan terkait dengan kepentingan politik salah satu peserta enggak boleh,” kata Masduki.

Meski demikian, Masduki menyatakan Ma’ruf tak bisa melarang bila putrinya memiliki keinginan untuk maju menjadi calon wali kota Tangsel.

Siti Nur AzizahCawalkot Tangsel Siti Nur Azizah tidak akan dibantu ayahnya, yakni Wakil Presiden Ma’ruf Amin di masa kampanye pilkada ( Dok. Istimewa)

Sebab, keinginan seseorang untuk menjadi seorang kepala daerah merupakan hak politik yang sudah dijamin dalam konstitusi di Indonesia.

“Karena itu aspek politik orang per orang yang dijamin di depan hukum,” kata Masduki.

Diketahui, Siti Nur Azizah berpasangan dengan Ruhamaben di Pilkada Tangsel. Mereka diusung oleh koalisi tiga partai yakni, PKS, Partai Demokrat, dan PKB. Siti adalah putri keempat dari Ma’ruf Amin.

Selain Siti-Ruhamaben, terdapat dua pasangan calon lain yang telah memenuhi syarat untuk maju di Pilwalkot Tangerang Selatan tahun 2020 ini. Mereka adalah Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dan Benyamin Davnie-Pilar Saga.

Pasangan Muhamad-Sara didukung oleh lima partai di DPRD Tangsel. Mereka diantaranta, PDIP, Partai Gerindra, PAN, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Hanura. Sara sendiri merupakan anak dari Hashim Djojohadikusumo, adik dari Prabowo Subianto. Sementara Muhamad adalah mantan Sekda Pemkot Tangsel.

Sementara pasangan Benyamin-Pilar adalah wakil dari petahana yang diusung Partai Golkar. Benyamin kini masih menjabat sebagai wakil wali kota Tangsel. Sementara Pilar Saga merupakan anak dari Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah dan kerabat dari Wali Kota Tangsel Airin Rachmi.

CNNIndonesia.com/ Ramadhan Rizki Saputra/ rzr/ bmw.

Artikel ini telah tayang dilaman CNNIndonesia.com pada tanggal 29 September 2020 dengan judul “Ma’ruf Amin Tak Akan Kampanyekan Putrinya di Pilkada Tangsel”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *