KPU Tolak Diskualifikasi Pemenang Pilkada Nisel Hilarius Duha-Firman Giawa

Ilustrasi

NIAS, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nias Selatan (Nisel) menolak menjalankan rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nisel untuk mendiskualifikasi pasangan Hillarius Duha-Firman Giawa. Penolakan tersebut karena proses rekapitulasi suara telah selesai. 

Penolakan KPU Nisel tertuang di dalam surat 1226/PY.02.1-Pu/1214/KPU-KAB/XII/2020. Dalam surat tersebut, KPU Nisel berkesimpulan pasangan Hillarius-Firman tidak terbukti melanggar pasal 71 ayat 3 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016.

Dalam undang-undang tersebut, seorang Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil/Bupati, Wali Kota/Wakil Kota dapat dikategorikan menggunakan wewenang, program, dan kegiatan adalah jika yang bersangkutan menggunakannya saat memangku jabatannya. 

“Namun jika yang bersangkutan tidak menduduki jabatan yang dimaksud, baik karena cuti, nonaktif dan karena alasan lainnya, maka hal tersebut tidak dapat disebut menggunakan wewenang, program dan kegiatan sebab wewenang melekat dengan jabatan,” tulis KPU dalam surat tersebut. 

Sementara itu, berdasarkan keterangan para pihak saat pencermatan dan penggalian informasi Bawaslu, program pemberian bibit ternak babi yang dipersoalkan merupakan program jangka panjang 25 tahun.

KPU mengatakan, berdasarkan ketentuan pasal 13 ayat 1 dan 2 PKPU Nomor 4 Tahun 2017 menyatakan bahwa materi kampanye pasangan calon wajib memuat visi, misi, dan program yang disusun berdasarkan rencana pembangunan jangka panjang daerah provinsi atau kabupaten/kota. 

KPU juga mengatakan proses rekapitulasi suara sudah diselesaikan pada 16 Desember 2020, sementara Bawaslu baru merekomendasikan putusan pada 18 Desember 2020. KPU menyatakan segala sesuatu yang berimplikasi pada perolehan hasil saat ini menjadi kewenangan Mahkamah Konstitusi (MK). 

Kesimpulan keputusan ini diambil KPU dalam waktu 7 hari dengan juga mencermati dokumen serta juga mendengarkan sejumlah keterangan para pihak mulai dari unsur pelapor, unsur DPRD, Kemendagri, ahli hukum, dan ahli kepemiluan.

iNews.id/ Stepanus Purba.

Artikel ini telah tayang dilaman iNews.id pada tanggal 26 Desember 2020 dengan judul “KPU Tolak Diskualifikasi Pemenang Pilkada Nisel Hilarius Duha-Firman Giawa”,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *