KPU Siapkan Data Pemilih Pemilu 2019 dan Pilkada 2020 untuk Vaksinasi Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan  data pemilih pada Pemilu 2019 dan Pilkada 2020 untuk mendukung program vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Komisioner KPU Viryan Azis mengatakan, data yang disiapkan untuk Kemenkes yakni data penduduk berusia 18 tahun ke atas.

“KPU menyiapkan data berbasis keluarga, TPS dan desa/kelurahan untuk diakses. Data penduduk usia 18 tahun ke atas,” ujar Viryan, saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (1/3/2021).

“Data dari data pemilu nasional (2019) dan data Pilkada (2020),” tutur dia.

Viryan menuturkan, KPU berkomitmen membantu Kemenkes terkait penyiapan data pemilih untuk vaksinasi Covid-19.

Berdasarkan pertemuan terakhir, Kemenkes memerlukan akses pemanfaatan data dan KPU memfasilitasi hal tersebut. Terkait hal itu, Viryan menyebut KPU dan Kemenkes akan menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama penanggulangan pandemi Covid-19 dan penyerahan akses data pemilih untuk progam vaksinasi nasional. Penandatanganan ini rencananya akan dilakukan oleh Plt Ketua KPU Ilham Saputra dan Menkes Budi Gunadi Sadikin pada Selasa (2/3/2021).

Berita Terkait: Mendagri Apresiasi Menkes Budi Gunadi yang Gunakan Data KPU untuk Vaksinasi Covid-19

Sebelumnya, Komisioner KPU Arief Budiman mengatakan, data yang dibutuhkan oleh Kemenkes sebagai basis data vaksinasi Covid-19 adalah data penduduk kategori khusus. Data tersebut terdiri atas penduduk berusia 18 hingga 59 tahun. Sementara itu, KPU telah memiliki data pemilih dengan rentang usia 17 sampai 59 tahun.

“Kemenkes membutuhkan daya dukung dari KPU terkait dengan data pemilih. Jadi data penduduk yang punya kategori khusus,” ujar Arief.

“KPU menyediakan data pemilih yang merupakan bagian dari data penduduk yang berusia 17 hingga 59 tahun. Sementara yang akan menjadi sasaran atau target vaksin usia 18-59 tahun,” tutur dia.

kompas.com/: Dian Erika Nugraheny/Kristian Erdianto

Artikel ini telah tayang di Kompas.com  pada tanggal 1 Maret 2021 dengan judul “KPU Siapkan Data Pemilih Pemilu 2019 dan Pilkada 2020 untuk Vaksinasi Covid-19”,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *