Klaster Pilkada Terbentuk, 25 Staf dan 2 Komisioner KPU Samarinda Positif Covid-19

KPU Samarinda saat menggelar debat paslon Pilkada di Samarinda, Kalimantan Timur, awal Desember 2020. (Istimewa. )
KPU Samarinda saat menggelar debat paslon Pilkada di Samarinda, Kalimantan Timur, awal Desember 2020. (Istimewa. )

SAMARINDA, KOMPAS.com – Sebanyak 25 staf dan dua komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda dinyatakan positif Covid-19 usia helatan Pilkada Samarinda 2020.

Komisioner KPU Samarinda Ikhsan Hasani mengatakan jumlah tersebut diketahui setelah dilakukan swab secara maraton beberapa hari terakhir.

“Saya sendiri swab tanggal 15 Desember. Setelah itu ada lagi swab lagi rutin. Hasilnya, 25 staf dan 2 komisioner positif Covid-19 saat ini,” ungkap dia saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/12/2020).

Tiga komisioner lain dinyatakan negatif Covid-19 termasuk Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat. Oleh karena itu, ketiganya bisa memimpin rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kota pekan lalu.

Sementara bagi staf yang positif Covid-19, sekitar 10 orang menjalani perawatan di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kaltim karena memiliki gejala sakit.

Sisanya yang tanpa gejala menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Untuk sterilisasi kantor KPU, saat ini tim dari Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Samarinda sudah melakukan penyemprotan.

“Sebagian staf bagian keuangan masih urus laporan keuangan dan mereka masuk kantor karena ini sudah akhir. Sementara kami sudah kerja dari rumah,” tutur dia. 

Dikonfirmasi terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Samarinda, Ismed Kosasih mengatakan, tidak penting terbentuk klaster.

“Sebab sekarang kita transmisi lokalnya sudah masif dan merata di seluruh kecamatan, sehingga kewaspadaan harus menyeluruh di mana pun dan kapan pun kita berada,” ungkap dia melalui pesan singkat.

Ismed meminta masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan, sehingga kewaspadaan masyarakat tidak terfokus pada klaster tertentu saja, tetapi pada semua daerah mana pun di Samarinda, termasuk di keluarga.

Kompas.com/ Kontributor Samarinda,  Zakarias Demon Daton/ Khairina

Artikel ini telah tayang dilaman Kompas.com pada tanggal 23 Desember 2020 dengan judul “Klaster Pilkada Terbentuk, 25 Staf dan 2 Komisioner KPU Samarinda Positif Covid-19”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *