Keberhasilan Pilkada 2020 Cermin Solidaritas dan Sinergi Masyarakat

Ilustrasi

JAKARTA – Pilkada serentak yang digelar pada 9 Desember 2009 cenderung berlangsung dengan aman, lancar, meski dijalankan di tengah pandemi Covid-19 dengan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Pdt, Gomar Gultom, mengatakan keberhasilan tersebut layak diapresiasi sebagai cermin solidaritas dan sinergi para penyelenggara pilkada, pemerintah pusat dan daerah, serta seluruh rakyat dalam menjalankan salah satu instrumen demokrasi yang sangat penting.

“Saya atas nama Persekutuan Gereja-gereja Indonesia, mengucapkan syukur dan terimakasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas keberhasilan penyelenggaraan Pilkada ini,” kata Gomar Gultom, Minggu (13/12/2020).

Dikatakannya, apresiasi juga perlu disampaikan kepada KPU, Bawaslu dan pemerintah, khususnya Kementerian Dalam Negeri, yang secara proaktif dan antisipatif merencanakan dan merealisasikan secara terukur dan sistematis seluruh tahapan hajatan demokrasi ini di tengah pandemi Covid-19. Sehingga dapat berjalan lancar dan tidak menciptakan klaster baru penyebaran Covid-19.

Sebelumnya ada kehawatiran bahwa Pilkada 2020 yang digelar di tengah situasi pandemi Covid-19 mengancam keselamatan warga karena berpotensi menjadi tempat berkembangnya kluster-kluster baru penyebaran virus. Namun, menurut Gomar Gultom, yang mengaku memantau prosesi di TPS melalui jaringan umat dan pengurus PGI di 270 daerah, penegakan secara ketat protokol kesehatan serta sosialisasi masif dari pemangku kepentingan tentang 3M, membuat kekhawatiran tersebut tidak terjadi.

“Apresiasi patut disampaikan atas langkah-langkah pemerintah, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri, yang dipimpin oleh Bapak Tito Karnavian, dengan sangat serius telah mendukung pelaksanaan Pilkada kali ini bukan hanya melalui anggaran, tetapi terlebih lagi dalam merumuskan dan mengimplementasikan regulasi Pilkada di masa Pandemi Covid-19,” kata dia.

Hal senada diungkapkan, Sekretaris Komisi Kerasulan Awam Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Romo Paulus C Siswantoko Pr, menurutnya keberhasilan penyelenggaraan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 jadi cerminan dari kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah yang efektif.

“Proses Pilkada serentak 2020 mendapat apresiasi dari para tokoh publik dan organisasi kemasyarakatan maupun keagamaan,” tutur Romo Paulus.

Apresiasi ini ia sampaikan kepada pihak penyelenggara pilkada yakni KPU, Bawaslu dan juga Kementerian Dalam Negeri. “Pilkada 2020 ini merupakan prestasi kita bersama bangsa dalam menjaga nilai demokrasi dan keselamatan serta kesehatan bersama di tengah pandemi,” ujar Rm Paulus.

“Patut kita apresiasi bahwa langkah langkah konkret pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri yang betul-betul serius telah mendukung penyelenggaraan pilkada 2020,” sambungnya.

Okezone.com/ Agregasi/ Sindonews.com/ aky.

Artikel ini telah tayang dilaman Okezone.com pada tanggal 13 Desember 2020 dengan judul “Keberhasilan Pilkada 2020 Cermin Solidaritas dan Sinergi Masyarakat”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *