Kalah Pasca PSU Pilkada Labuhanbatu, Petahana Daftarkan Gugatan ke MK

Gedung MK (Grandyos Zafna/detikcom)

Jakarta – Pasangan Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar mendaftarkan permohonan ke Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (29/4/2021). Permohonan ini dilakukan setelah pasangan ini dinyatakan kalah pasca pemungutan suara ulang (PSU) di 9 TPS pada 24 April lalu.

Dilihat detikcom dari laman resmi MK, permohonan ini terdaftar pada Kamis (29/4) pukul 12.02 WIB, dengan APPP (Akta Permohonan Pengajuan Permohon) bernomor : 145/PAN.MK/AP3/04/2021. Dalam permohonan ini pasangan Andi – Faizal diwakili oleh Eddi Mulyono, sebagai kuasa hukumnya.

Adapun pihak termohon (tergugat) ialah KPU Labuhanbatu. Permohonan ini diajukan setelah KPU mengumumkan pasangan Erik Adtrada-Ellya Rosa meraih suara terbanyak dalam Pilkada Labuhanbatu.

Sebelumnya pada Selasa (27/4) lalu, KPU melakukan rapat pleno rekapitulasi suara Pilkada Labuhanbatu. Hasilnya pasangan Erik -Ellya dinyatakan meraih 88.493 suara, unggul 310 suara dari pasangan Andi-Faizal yang memperoleh 88.183 suara.

Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi membenarkan tentang gugatan pasangan Andi – Faizal terkait hasil rekapitulasi pihaknya. Wahyudi mengatakan dirinya telah melihat salinan pendaftaran permohonan tersebut.

“Iya benar. Paslon nomor urut 3 telah mendaftarkan ke MK,” katanya ketika dikonfirmasi.

detik.com/dwia/dwia

Artikel ini telah tayang di laman news.detik.com pada tanggal 30 April 2021 dengan judul “Kalah Pasca PSU Pilkada Labuhanbatu, Petahana Daftarkan Gugatan ke MK”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *