Hasil PSU Pilkada Morowali Utara, Pasangan Delis-Djira Unggul

Ilustrasi pilkada(KOMPAS/DIDIE SW)

KOLONEDALE, KOMPAS.com -Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan pasangan nomor urut 1, Delis Julkarson Hehi dan Djira, unggul dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, setelah berlangsung pemungutan suara ulang (PSU) di empat tempat pemungutan suara (TPS) pada Senin (19/4/2021).

Berdasarkan data dari formulir C1 keempat TPS yang melakukan PSU, Delis-Djira mendapatkan 659 suara.

Sedangkan lawannya, pasangan nomor urut 2 Holiliana dan Abudin Halilu hanya meraih 574 suara.

Pasangan nomor urut 1 unggul di tiga dari empat TPS yang menggelar PSU.

Jika ditotal dengan jumlah suara secara keseluruhan, maka Delis-Djira memperoleh 1.255 suara dan Holiliana-Abudin Halilu memperoleh 574 suara.

Setelah PSU berlangsung, KPU Morowali Utara berencana menggelar rapat pleno untuk menentukan pemenang dalam Pilkada.

“(Rapat pleno) direncanakan tanggal 21 April pukul 21.00 Wita setelah hasil rekap dari Kecamatan Mamosolato,” kata Ketua KPU Morowali Utara Yusri Ibrahim saat dihubungi Senin.

PSU Pilkada Morowali Utara diselenggarakan berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas sengketa hasil penghitungan suara KPU yang diajukan pasangan Holiliana-Abudin Halilu. 

Mereka menuding KPU tidak profesional menyelenggarakan Pilkada. 

Selain itu, ada salah satu perusahaan di Morowali Utara yang dianggap menghalangi karyawannya untuk menggunakan suaranya pada 9 Desember 2020.


Kompas.com/ Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati/ Teuku Muhammad Valdy Arief.

Artikel ini telah tayang dilaman Kompas.com pada tanggal 20 April 2021 dengan judul “Hasil PSU Pilkada Morowali Utara, Pasangan Delis-Djira Unggul”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *