Ditanya Soal Peluang dan Survei di Pilkada DKI, Risma: Saya Mikir Bencana Dulu

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi korban banjir di Kabupaten Bima, NTB, Senin (5/4/2021). Dalam kunjungan itu, Risma juga menyalurkan bantuan logistik untuk warga terdampak (KOMPAS.COM/SYARIFUDIN)

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi korban banjir di Kabupaten Bima, NTB, Senin (5/4/2021). Dalam kunjungan itu, Risma juga menyalurkan bantuan logistik untuk warga terdampak (KOMPAS.COM/SYARIFUDIN)

KOMPAS.com – Menteri Sosial Tri Rismaharini disebut-sebut berpeluang besar unggul di Pilkada DKI berdasarkan hasil survei.

Saat berkunjung ke Surabaya , Risma menanyakan tentang peluang dirinya ke Pilgub DKI 2022.

Namun dia enggan bencana hasil survei tersebut.

Fokus tangani bencana

Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) berbincang dengan Bupati Lumajang Thoriqul Haq (kedua kanan) ketika meninjau lokasi terdampak gempa di Desa Kali Uling, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (11/4/2021). Dalam kunjungannya, Mensos Tri Rismaharini memberikan bantuan kepada warga yang terdampak gempa dan meminta pemerintah setempat segera mencari lokasi yang aman untuk dibangun posko pengungsian. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/rwa.
Lihat Foto Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) berbincang dengan Bupati Lumajang Thoriqul Haq (kedua kanan) saat meninjau lokasi terdampak gempa di Desa Kali Uling, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (11/4/2021). Dalam kunjungannya, Mensos Tri Rismaharini memberikan bantuan kepada warga yang terdampak gempa dan meminta bantuan pemerintah setempat segera mencari lokasi yang aman untuk dibangun posko pengungsian. FOTO ANTARA / Zabur Karuru / rwa. (FOTO ANTARA / Zabur Karuru)

Risma mengaku ingin fokus menangani bencana ketimbang memikirkan hasil survei.

Menurutnya Pilkada DKI masih jauh dan tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi.

“Saya mikir itu (bencana) dulu, enggak mikir yang lain-lain,” kata dia di Surabaya, Sabtu (17/4/2021).

“Kok mikir yang aneh-aneh yang beberapa tahun ke depan. Belum tentu juga saya masih hidup,” lanjut dia.

Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa (bodnarchuk)

Papua sampai Jawa

Saat ini Risma tengah menyiapkan bantuan sosial untuk berbagai macam bencana yang terjadi dari Papua hingga Pulau Jawa.

“Bantuan itu harus cepat dan tidak boleh terlambat,” kata Risma.

Dia pun khawatir terkait perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang kemungkinan gempa yang akan terjadi.

“Gempa susulan di Malang terjadi 10 kali dengan kekuatan berbeda. Termasuk di daerah lain, dikhawatirkan akan terjadi gempa dengan kekuatan besar dan menimbulkan gelombang tsunami,” kata dia.

Hasil survei

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi korban banjir di Kabupaten Bima, NTB, Senin (5/4/2021).  Dalam kunjungan itu, Risma juga menyalurkan bantuan logistik untuk warga terdampak
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi korban banjir di Kabupaten Bima, NTB, Senin (5/4/2021).  Dalam kunjungan itu, Risma juga menyalurkan bantuan logistik untuk warga terdampak (KOMPAS.COM/SYARIFUDIN)

Beberapa hasil survei menunjukkan Risma mengungguli Anies Baswedan yang kini berada di Gubernur DKI Jakarta.

Hasil survei nusantara Strategic Network (NSN) menunjukkan elektabilitas Risma 34,0 persen, unggul dari Anies yang memperoleh 32,8 persen.

Pada hasil survei Jakarta Research Center (JRC), elektabilitas Risma mencapai 37,1 persen, unggul 5 persen dari Anies yang memperoleh 32,4 persen.

Namun dari hasil survei Media Survei Nasional (Median), Risma yang mendapat 23,5 persen masih kalah dengan Anies yang mendapat 42,5 persen.

Meski kalah, angka Risma meningkat tajam dibanding survei sebelumnya

Pada Surabaya Survei Center (SSC), Risma juga bisa menyaingi Khofifah Indar Parawansa di Pilkada Jatim 2024. Khofifah mendapat 26,8 persen, sementara Risma memperoleh 21,8 persen.

Kompas.com/ Antara/ Kontributor Surabaya, Achmad Faizal/ Abba Gabrillin/ Pythag Kurniati.

Artikel ini telah tayang dilaman Kompas.com pada tanggal 18 April 2021 dengan judul “Ditanya Soal Peluang dan Survei di Pilkada DKI, Risma: Saya Mikir Bencana Dulu”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *