48 Daerah Belum Merealisasikan Anggaran untuk Pengamanan Pilkada 2020

Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemengdari) mencatat realisasi anggaran terhadap 270 daerah yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Terdapat 48 daerah yang belum melakukan realisasi anggaran terhadap aparat keamanan.

“Realisasi anggaran pengamanan 91,89 persen dan tersisa 8,11 persen,” ujar Kepala Subdit Wilayah III Dir Fasilitas Kepala Daerah dan DPRD Dirjen Otda Kemendagri Saydiman Marto, dalam diskusi virtual, Rabu, 11 November 2020.

Syadiman menyebut ada beberapa hal yang membuat lambatnya realisasi anggaran tersebut. Salah satunya perbedaan kondisi keuangan di setiap daerah.

“Agar tidak terjadi kekosongan kas, beberapa pemerintah daerah yang memiliki keterbatasan anggaran menunggu alokasi dari anggaran pusat,” ujarnya.

Selain itu, puluhan pemda tersebut mengaku belum mendapatkan laporan keuangan dari aparat keamanan. Sebab, pencairan anggaran perlu ada pengajuan dari aparat keamanan setempat.

“Berarti TNI-Polri setempat belum mengajukan pengusulan anggaran, karena salah satu prosedur diberikan anggaran adanya usulan anggaran,” tuturnya.

Sedangkan sebanyak 222 daerah diketahui telah merealisasikan anggaran untuk pengamanan 100 persen.

Medcom.id/ Kautsar Widya Prabowo/ JMS.

Artikel ini telah tayang dilaman Medcom.id pada tanggal 12 November 2020 dengan judul “48 Daerah Belum Merealisasikan Anggaran untuk Pengamanan Pilkada 2020”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *