Hari Pertama Pendaftaran Peserta Pemilu

Hari Pertama Pendaftaran Peserta Pemilu 2024

Portalpemilu.com, 1 Agustus 2022 merupakan hari pertama pendaftaran bagi Partai Politik untuk mendaftarkan diri sebagai peserta pada Pemilu 2024. 

Partai Politik tersebut mendaftarkan diri kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Sekretariat Jenderal KPU yang terletak di Jalan Imam Bonjol Jakarta.

Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 menetapkan jadwal secara “gelondongan’ dimana diatur bahwa pelaksanaan pendaftaran dan verifikasi Peserta Pemilu dimulai dari tanggal 29 Juli 2022 hingga 13 Desember 2022.

Pengaturan ini kemudian dijabarkan kembali melalui Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Di dalam Peraturan yang terdiri dari 263 halaman inilah kemudian diatur bahwa Pendaftaran Partai Politik dan penyampaian dokumen pendaftaran oleh Partai Politik akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Agustus 2022 sampai dengan 14 Agustus 2022.

Adapun sampai dengan pukul 12.00 WIB, terdapat 8 Partai Politik yang telah mendatangi dan mendaftar di Komisi Pemilihan Umum. Kedelapan Partai tersebut adalah :

  1. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  2. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P)
  3. Partai Keadilan dan Persatuan (PKP)
  4. Partai Reformasi
  5. Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA)
  6. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
  7. Partai Nasional Demokrat (NasDem)
  8. Partai Bulan Bintang (PBB)

Adapun Partai partai tersebut akan dilakukan verifikasi terhadap administrasi, dan verifikasi faktual bagi Partai politik yang tidak memenuhi ambang batas perolehan suara paling sedikit 4 % dari perolehan suara sah secara nasional hasil Pemilu terakhir.

@admin,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.